Bagi sebagian orang yang sangat mempehatikan penampilan, membeli baju bukan sekedar memilih model yang sesuai bentuk dan ukuran tubuh tapi juga menentukan warna bajunya. Memang, nyatanya tidak semua warna kulit juga cocok dengan semua warna baju. Walau terkesan sepele dan sering diabaikan, menyesuaikan warna baju dengan warna kulit sebenarnya sangat penting. Warna baju bisa membuat penampilan seseorang semakin stand out atau justru sebaliknya. Berikut ini akan diberikan tips warna baju yang sesuai dengan warna kulit agar tidak memberi kesan kusam atau justru terlalu pucat pada kulit.

Kulit putih
Warna kulit putih selalu dianggap sebagai kelebihan terutama untuk perempuan karena dipandang cocok memakai baju warna apa pun. Untuk memberi kesan rileks sekaligus elegan, warna-warna pastel atau warna-warna lembut  bisa jadi pilihan bagi pemilik kulit satu ini. Warna-warna yang terlalu terang seperti merah, oranye, dan kuning mungkin bisa dikurangi pemakaiannya. Kulit sawo matang/coklat. Warna kulit sawo matang ataupun coklat adalah warna yang sangat umum dimiliki orang Indonesia. Walaupun agak gelap, warna kulit ini tidak akan membuat penampilan kusam jika memilih warna baju yang sesuai. Agar penampilan tidak semakin meredup, sebaiknya pilih warna baju kombinasi. Gunakan lebih dari satu warna baju, perpaduan antara warna terang dan gelap. 
Warna-warna yang bisa dipilih misalnya hitam, biru navy, pink, abu-abu atau silver, putih, krem atau coklat muda, dan jingga. Warna yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit cenderung gelap ini adalah coklat tua dan merah. Untuk perempuan yang suka memakai aksesoris seperti kalung ataupun gelang, pemakaiannya bisa dikurangi jika warna baju sudah sangat terang. 

Kulit kuning langsat
Untuk warna kulit yang satu ini, warna-warna tropis adalah pilihan yang cocok seperti jingga, hijau, merah, kuning, dan biru. Warna-warna tersebut bisa membuat penampilan semakin terlihat fresh atau segar. Ada warna yang cocok, ada pula warna yang sebaiknya dihindari seperti caramel, coklat, dan oranye. Warna-warna gelap juga sebaiknya dikurangi karena akan terllau kontras dengan wwarna kuning langsat.

Kulit gelap
Orang dengan warna kulit gelap seringkali tidak merasa percaya diri karena merasa penampilannya akan selalu gelap dan tidak secerah warna kulit lainnya. Bahkan banyak yang mengusahakan berbagai cara untuk membuat warna kulitnya lebih putih. Nyatanya, pemilihan warna baju yang sesuai akan selalu menyelamatkan penampilan dan bahkan memberi kesan seksi dan menakjubkan. Pemilik warna gelap sebaiknya menghindari warna hitam, coklat tua, hijau daun, dan warna pastel karena bisa memberi kesan kusam. Warna baju yang cocok dikenakan adalah warna coklat muda dan krem, warna lemon, dan putih.

by www.vidogarment.com